-->

Doa Niat Mandi Keramas Sebelum Sholat Idul Fitri Dan Tata Caranya

Doa Niat Mandi Keramas Sebelum Sholat Idul Fitri Dan Tata Caranya - Sebelum di awali kami ucapkan Bismillahirrohmaanirrohim dan selamat hari raya Idul Fitri mohon maaf lahir dan bathin. Berikut dalam pembahasan ini akan kami bahas sesuai apa yang di tuliskan pada judul di atas yakni mengenai bacaan niat mandi keramas idul fitri, mandi keramas yang merupakan salah satu sunnah atau keutamaan ketika memasuki hari raya ied, akan kami bahas secara lengkap bacaan niat mandi keramas sebelum sholat ied atau sholat idul fitri, di lengkapi dengan bacaan niat dalam bahasa arab, latin dan arti bacaannya.

Tidak terasa lebaran sebentar lagi akan tiba, sudah berapa banyakkah kita berbuat kebaikan di bulan ini? sudah berapa kali khotam Al-Qur'an pada kesempatan bulan ramadhan kali ini?, di bulan puasa kita di anjurkan berlomba-lomba dalam berbuat kebaikan, dan berlomba-lomba dalam melaksanakan ibadah, satu bulan lamanya kita berpuasa mudah-mudahan puasa kita di terima oleh Alloh SWT amin, dan sudah saatnya sebentar lagi kita menyambut hari lebaran atau hari raya idul fitri.

Berhubung dengan hari raya idul fitri ada salah satu keutamaan yang di anjurkan oleh Rosululloh SAW ketika kita hendak pergi untuk melaksanakan Sholat Idul fitri yakni melaksanakan mandi keramas terlebih dahulu sebelum hendak menjelang berangkat sholat ied dan melengkapinya dengan bacaan doa niat mandi keramas sebelum sholat idul fitri

Doa Niat Mandi Keramas Sebelum Sholat Idul Fitri Dan Tata Caranya

Selain itu ada beberapa keutamaan yang sunat di lakanakan sebelum berangkat sholat idul fitri, di antaranya melakukan makan terlebih dahulu sebelum berangkat ke masjid,dalam kesempatan kali ini akan kami tuliskan untuk doa niat mandi keramas sunat sebelum menjelang sholat idul fitri lengkap dengan artinya.

Untuk tata cara pelaksanaan mandi keramas tersebutn sama saja seperti melakukan mandi wajib pada umumnya, yakni yang pertama berniat dan yang ke dua membasuhi seluruh tubuh dari mulai ujung rambut hingga ujung kaki dengan air, berikut di bawah ini untuk bacaan niatnya :

Dalam bahasa arab :

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِيَوْمِ عِيْدِ الْفِطْرِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Dalam tulisan latin : 

NAWAITUL GHUSLA LIYAUMI 'IIEDIL FITHRI SUNNATAN LILLAAHI TA'ALAA

Artinya :

Sengaja saya mandi pada hari Raya Idul Fitri Sunnah karena Allah Ta'ala

Adapun untuk waktu pelaksanaannya tidak ada waktu yang di khususkan kapan harus melaksanakannya, yang pasti harus di laksanakan pada malam ketika di pagi hari besoknya akan melaksanakan sholat idul fitri, atau sebaiknya laksanakanlah sehabis sholat shubuh sebelum berangkat ke masjid hendak melaksanakan sholat idul fitri

Itulah tadi sekilas pembahasan dari kami mengenai  bacaan niat mandi idul fitri, hukum keramas sebelum sholat ied. Dan kini sudah saatnya kami mengakhiri dulu untuk pembahasan doa mandi keramas hari raya idul fitri ini, mohon maaf dari segala kekurangannya, semoga saja apa yang kami bahas di atas tadi ada manfaatnya. Sekian dan Terimakasih.