-->

Bacaan Lafadz Niat Shalat Fajar Sunnah Sebelum Shubuh Lengkap Arab Latin

Bacaan Lafadz Niat Shalat Fajar Sunnah Sebelum Shubuh Lengkap Arab Latin - Assalamu'alaikum Wr,Wb. Sholat sunat fajar adalah salah satu shalat sunat yang di kerjakan pada waktu fajar, yaitu pada waktu setelah adzan shubuh sebelum berlangsung melaksanakan solat shubuh dan jika masih sempat waktu menunggu iqamah untuk melaksanakan sholat berjamaah shubuh maka perbanyaklah membaca aurod/amalan-amalan sholeh seperti membaca kalimat tasbih, baqiyatussolihah, membaca sholawat atau bacaan apa saja yang baik.

Namun sebaiknya jika hafal & sempet bacalah amalan-amalan baik seperti bacaan berikut ini : Ya Hayyu Ya Qayyum La Ilaha Illa anta, 40 kali. Surat Al-Ikhlas 11 kali. Surat Al-Falaq, 1 kali. Kemudian membaca Surat An-Nas, 1 kali dan. Terakhir membaca kalimat Subhanallah wa Bihamdihi, Subhanallahil Adhim, Asytaghfirullah, 100 kali, lalu membaca doa-doa yang baik, memohon ampunan dan pertolongan kepada Allah SWT.

Shalat fajar adalah sebutan lain untuk shalat qobliyah subuh, dalam artian sholat sunat yang di kerjakan sebelum sholat shubuh dan di selanya di isi dengan dzikir setelah sholat fajar atau membaca doa setelah sholat fajar, ada banyak banyak keutamaan shalat fajar dan bacaannya begitu juga dengan manfaat shalat fajar sebagai mana pesan Rasulullah saw melalui haditsnya sebagai berikut :

ركعتا الفجر خير من الدنيا وما فيها

Artinya :
"Dua rakaat shalat fajar lebih baik dari dunia dan seisinya".

Bacaan Lafadz Niat Shalat Fajar Sunnah Sebelum Shubuh Lengkap Arab Latin

Adapun untuk tata cara dalam pelaksanaan sholat fajar sama saja seperti mengerjakan shalat sunat biasanya dan untuk bacaan surat dalam shalat fajar yaitu membaca surat al-Kafirun dalam rakaat pertama setelah al-fatihah dan al-Ikhlash setelah al-fatihah di rakaat kedua, perlu di ketahui juga sholat sunat fajar dianjurkan untuk tidak berlama-lama dalam mengerjakannya namun tetap dalam bacaan harus tartib dan tartil, dan berikut di bawah ini akan kami tuliskan untuk bacaan niat shalat fajar atau qobliyah subuh secara lengkap.

اُصَلِّى سُنَّةَ الصُّبْحِ رَكْعَتَيْنِ قَبْلِيَّةً مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

USHOLLI SUNNATASH-SHUBHI ROK'ATAINI QOBLIYYATAN MUSTAQBILAL QIBLATI LILLAAHI TA'AALA

Artinya :
"Aku niat melakukan shalat sunat sebelum subuh 2 rakaat, sambil menghadap qiblat karena Allah ta'ala".

Sebahagian ulama berpendapat bahwa shalat fajar termasuk ke dalam kategori sholat sunat rawatib, sebagaimana pada sholat sunah qabliyah lainnya seperti di waktu dzuhur, sebelum ashar dan lainnya. Semoga apa yang dapat kami sampaikan diatas dapat bermanfaat bagi siapa saja saudara yang hendak membutuhkannya, mohon maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan atau ada kekurangan dalam pembahasan sekian dan terimakasih Wassalamu'alaikum Wr,Wb.