-->

Amalan Lafadz Doa Sebelum Belajar dan Setelah Belajar Lengkap

Assalamu'alaikum. Pada kesempatan ini kami akan menuliskan sebuah doa yang merupakan doa tersebut termasuk kepada doa penting yakni lafadz bacaan doa sebelum belajar, hal ini sangat penting bagi kami, anda kita semua untuk mengetahuinya, terutama kita harus mengetahui dimana untuk mengajarkan kepada anak, adik atau saudara kita yang masih duduk di meja belajar maka hendaklah kita tanamkan kepada anak pelajar tersebut untuk selalu mengamalkan dan membiasakan doa sebelum belajar agar mereka selalu berdoa ketika hendak akan memulai belajar.

Mungkin guru di sekolah-sekolah atau di kelasnya sudah pada mengajarkan bacaan amalan doa tersebut, tetpi kita yang mengasuhi dan mendampingi sejak kecil hingga dewasa yang lebih penting dalam mengajarkan kebaikan pada anak-anak kita atau anak asuhan yang kita sayangi, atau mungkin masih ada saudara kita yang sudah beranjak dewasa tetapi belum mengetahui bacaan doa tersebut maka segeralah ajarkan orang tersebut untuk mengetahui berbagai doa-doa penting untuk diamalkan sehari-hari, kami juga di blog ini telah menyajikan berbagai tuntunan bacaan doa-doa secara lengkap.

Dengan berdoa ketika akan memulai segala hal tentu sangat baik, kita meminta agar segala urusan yang akan kita hadapi di berikan kemudahan oleh Allah SWT, begitu juga ketika kita sedang belajar dan menghadapi berbagai ujian di sekolah maka sebelumnya segeralah untuk berdoa meminta kemudahan dalam menghadapinya, pada artikel ini akan kami tuliskan untuk bacaan lafadz kumpulan doa sebelum dan sesudah belajar di sekolah, doa setelah belajar, doa mau atau ketika memulai belajar di kelas sekolah atau majlis tempat belajar mengaji rodhitubillah.

Amalan Lafadz Doa Sebelum Belajar dan Setelah Belajar Lengkap

Sebelum di lanjutkan kepada tulisan yang kita tuju (doa belajar), selain memiliki makna untuk meminta diberikan yang terbaik dalam belajar berdoa juga memiliki nilai ibadah, maka dimanapun belajarnya dan kapanpun belajarnyah meski sedang belajar sendiri ketika di rumah atau dimana saja maka dahuluilah sebelum memulai belajar tersebut dengan berdoa atau membacakan doa, kita di haruskan untuk selalu berdoa, dan inilah bacaan doa yang dimaksud diatas terkait doa belajar yang kami tuliskan secara lengkap dalam tulisan arab, latin dan juga artinya.

Bacaan Doa Sebelum Belajar :

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا، وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ

اَللَّهُمَّ اَخْرِجْنَا مِنْ ظُلُمَاتِ الْوَهْمِ وَاَكْرِمْنَا بِنُوْرِ الْفَهْمِ وَافْتَحْ عَلَيْنَا بِمَعْرِفَةِ الْعِلْمِ وَنَوِّرْ قُلُوْبَنَا بِنُوْرِ هِدَايَتِكَ كَمَا نَوَّرْتَ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ وَسَهِّلْ لَنَا اَبْوَابَ فَضْلِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

ROBBII ZIDNII ‘ILMAA, WARZUQNII FAHMAA, WAJ’ALNII MINASH-SHOOLIHIIN AMIIN YA ROBBAL ‘AALAMIIN. ALLAHUMMA AKHRIJNA MIN DZULUMATIL WAHMI WA AKRIMNA BI NUURIL FAHMI WAFTAH ‘ALAINA BIMA’RIFATIL ‘ILMI WA NAWWIR QULUUBANA BINUURI HIDAYATIKA KAMA NAWWARTAS SYAMSA WAL QOMAR WA SAHHIL LANAA ABWAABA FADHLIKA YAA ARHAMAR ROHIMIN

Artinya :
“Ya Alloh Tambahkanlah aku ilmu, Dan berilah aku karunia untuk dapat memahaminya, Dan jadikanlah aku termasuk golongannya orang-orang yang shoolih. Ya Alloh kabulkanlah do’aku ini. Ya Allah Keluarkanlah kami dari kegelapan prasangka, muliakanlah kami dengan cahaya kepahaman, bukakanlah pengertian ilmu pada kami, terangilah hati kami dengan cahaya petunjukmu sebagaimana Kau terangi matahari dan rembulan, dan bukakanlah untuk kami pintu-pintu anugerahMu, Wahai Dzat yang paling penyayang.”

Doa Ketika Menghadapi Kesulitan, Atau Dalam Sekolah Bisa di Kiaskan Untuk Doa Ketika Menghadapi Ujian Sekolah

رَبِّ يَسِّرْ وَأَعِنْ وَلَا تُعَسِّرْ

RABBI YASSIR WA A‘IN WA LÂ TU‘ASSIR

Artinya :
“Wahai Tuhanku, mudahkanlah. Bantulah [aku]. Jangan Kaupersulit,” (Lihat Imam An-Nawawi, awal Raudhatut Thalibin, Darul Fikr).

Amalan Lafadz Doa Setelah Belajar :

اَللَّهُمَّ اِنِّى اِسْتَوْدِعُكَ مَا عَلَمْتَنِيْهِ فَارْدُذْه اِلَىَّ عِنْدَ حَاجَتِى اِلَيْهِ وَ لاَ تَنْسَنِيْهِ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ

ALLAHUMMA INNII ISTAUDI’UKA MAA ALLAMTANIIHI FARDUDHU ILAYYA ‘INDA HAAJATI ILAIHI WALAA TANSANIIHI YAA ROBBAL ‘AALAMIIN.

Artinya :
“Ya Allah,sesungguhnya aku titipkan kepada-Mu apa yang telah Kau ajarkan kepadaku,maka kembalikanlah ia kepadaku ketika aku membutuhkannya. Dan janganlah Kau buat aku lupa padanya hai Tuhan yang memelihara alam.”

Begitu indah dalam ajaran islam, segala hal apapun ada caranya yang baik dan benar, dan ada doa yang selalu di khususkan dalam setiap kita akan melangkah, itulah kalimah amalan lafadz bacaan doa sebelum dan sesudah belajar, semoga apa yang dapat kami sampaikan diatas ada manfaatnya maaf jika terdapat kesalahan dalam penulisannya, jangan lupa kunjungi juga terkait bacaan doa-doa lainnya yang telah kami sediakan, tinggal pilih saja pada kolom label diatas dan search dalam kolom pencarian diatas, sekian dan terimakasih Wassalamu'alaikum WrWb.