-->

17 Rukun Shalat Wajib atau Sunnah Pengertian dan Bacaannya Lengkap

Rukun Shalat Ada 17 Wajib atau Sunnah Pengertian dan Bacaannya Lengkap - Assalamu'alaikum Wr,Wb. Semoga sahabat pembaca semua ada dalam keadaan sehat wal'afiat serta selalu ada dalam lindungan Allah SWT, berikutnya pada kesempatan ini melalui artikel kami akan menuliskan untuk Rukun Shalat yang jumlahnya adalah 17 rukun sebagaimana dalan kitab fiqih yang menjelaskan, diantaranya terdapat pada kitab sulamuttaufiq, dan pada kitab fiqih lain juga terdapat mengenai fasluun arkanussolah.

Rukun dalam sholat berarti kewajiban yang harus kita laksanakan ketika sedang melaksanakan sholat, baik itu ketika sholat fardhu ataupun sholat sunnah maka ke 17 rukun shalat ini janganlah ada yang tertinggal, jika ada salah satu rukun saja yang di tinggalkan maka tidaklah syah sholat tersebut dan ketahuilah rukun shalat dan bacaannya, begitu juga dalam ketentuan syarat sah shalat janganlah ada yang tertinggal, maka dari itu sering-seringlah kita bertanya kepada ustadz atau alim ulama untuk pencerahan dalam hal praknya ibadah.

Tidak hanya dalam sholat, dalam islam juga selalu mengajarkan berbagai syarat rukun ketentuan dalam hal ibadah seperti dalam puasa, jakat, rukun haji dan lain sebagainya tentu ada aturan aturannya yang harus diketahui dan di amalkan ketika melaksanakan ibadah, sungguh indah dalam agama Islam selalu menerapkan sesuatu dengan kebaikan, kepikan dan tatakrama yang baik. Yang akan kami tulis disini yakni sesuai pada judul diatas tentang rukun shalat 17, berikut dibawah ini untuk rinciannya.

17 Rukun Shalat Wajib atau Sunnah Pengertian dan  Bacaannya Lengkap
1. Niat, tempat niat yang paling utama yaitu di kedalkan di dalam hati, dan diucapkan pada lisan itu sunat hukumnya.

2. Takbirotul ihrom (mengucapkan “Allahuakbar).

3. berdiri bagi yang mampu(ketika) dalam sholat fardu atau sunat

4.Membaca surat al-fatihah dengan jelas, tartil, pasih sesuai dengan aturan tajwid

5.Ruku’ (membungkukkan badan).

6.thumakninah dalam rukuk

7.iktidal (berdiri bangun dari rukuk)

8.Thuma’ninah (diam sebentar waktu i’tidal)

9.sujud dua kali

10.thumakninah dalam sujud

11.duduk diantara dua sujud

12.thunakninah dalam duduk diantara dua sujud

13.membaca tasyahud akhir

14.duduk (ketika membaca) tasyahud akhir

15.membaca sholawat pada nabi muhammad saw. dalam duduk tasyahud akhir

16.membaca salam (uluq salam)

17.tertib (mengerjakan secara berurutan)


Yang paling penting kita harus mengetahui untuk bacaan di setiap gerakan sholatnya, dan perlu di ketahui untuk ketentuan sholat berdiri bagi yang mampuh sesuai dengan keterangan Hadist riwayat Bukhari, Rasulullah bersabda, "Shalatlah dengan berdiri. Jika tidak mampu maka dengan duduk. Dan jika tidak mampu juga, maka berbaring." (At-Tadzhib, h. 49).

Adapun untuk syarat wajib sholat yaitu sebagai berikut : Muslim (beragama Islam), Berakal sehat, Baligh, Suci dari hadas kecil & hadas besar, Sadar. jika termasuk kepada syarat tersebut maka wajib hukumnya untuk melaksanakan sholat, jangan pernah meninggalkannya. sahabatku itulah sesingkat pembahasan rukun sholat, pengertian rukun shalat dari kami yang di tulis secara singkat, tapi kami berharap semoga apa yang kami sampaikan diatas ada manfaatnya, sekian dan terimakasih.