-->

Urutan Rukun islam 5 dan Rukun Iman 6 Perkara yang Benar dan Lengkap

Urutan Rukun islam 5 dan Rukun Iman 6 Perkara yang Benar dan Lengkap - Assalamu'alaikum. Rukun islam dan rukun Iman merupakan dasar yang paling utama dalam ajaran Islam, maka dari itu hendaklah yang pertama perlu kita ketahui adalah hal itu, begitu juga sebagai ajaran kepada anak-anak ajarkanlah sebagai dasar bagi mereka dengan menerapkan itu, wajib kita ketahui dan wajib kita amalkan diterapkan pada diri kita dalam kehidupan sehari-hari.

Seperti yang telah di jelaskan dalam sebuah kitab fiqih Safinatunnaja Fasal yang pertama di tuliskan dalam kitab tersebut yaitu tentang rukun islam dan berikutnya rukun iman, dengan ini tentu saja menunjukan betapa pentingnya dan wajib diketahui dan di jalani akan rukun islam dan rukun iman tersebut sebagai dasar untuk diketahui dan di kerjakan sebagai seorang muslim.

Lalu sudahkah kita mengetahui dan memahaminya? kami rasa semua sahabat pembaca sudah mengetahuinya akan hal ini, tapi tiada salahnya kami untuk menuliskan kembali akan rincian atau urutan rukun islam dan rukun iman tersebut sebagai catatan karena mungkin juga diantara sahabat yang hendak akan mencarikan terkait penjelasan rukun iman dan rukun islam.

Urutan Rukun islam 5 dan Rukun Iman 6 Perkara yang Benar dan Lengkap

Kedua rukun tersebut mesti kita tanamkan dalam diri kita untuk di jalankan dalam kehidupan karena dengan demikian hidup akan terarahkan, dan inilah untuk bacaan atau urutan rukun islam dan urutan rukun iman akan kami tuliskan dengan lengkap dan singkat saja yang mana akan di tuliskan dengan berurutan satu persatu, inilah lima rukun islam yang harus kita ketahui dan di kerjakan.

Urutan Rukun Islam yang 5 :

1. Mengucapkan dua kalimah syahadat

2. Mendirikan Sholat

3. Menunaikan atau membayar zakat

4. Mengerjakan atau juga menunaikan ibadah puasa

5. Melaksanakan ibadah haji bagi yang mampu

Sebagai seorang muslim yang baligh dan berakal harus dan wajib hukumnya untuk mendirikan atau menjalankan kelima rukun tersebut, baik itu bagi muslim laki-laki ataupun muslimah/perempuan dan harus mengerjakannya dengan baik dan sempurna serta memahami dalam praktinya, dalam penunaian ibadah haji sesuai dengan yang dituliskan diatas itu di khususkan bagi seseorang yang telah mampu dalam segala halnya untuk melaksanakan ibadah haji, maka dari itu tanamkan atau cita-citakan dalam hati untuk bisa menunaikan ibadah haji dan menyempurnakan rukun islam.

Dan berikutnya dibawah ini untuk urutan rukun iman yang lengkap dan singkat, rukun iman sama halnya harus kita tanamkan dalam diri kita sebagai bekal untuk menjalani hidup sebagai seorang muslim, dengan adanya enam rukun iman tersebut kita harus atau wajib iman atau percaya dan meyakini dengan seyakin-yakinnya tanpa ada keraguan, arti iman tersebut yakni percaya dengan seyakinnya yakin dengan adanya, dan inilah urutannya.

Bagian Atau Urutan 6 Rukun Iman

1. Iman kepada Allah

2. Iman kepada Malaikat-malaikat Allah

3. Iman kepada Kitab-kitab Allah

4. Iman kepada Rasul-rasul Allah

5. Iman kepada hari akhir atau hari kiamat

6. Iman kepada Qada dan Qadar atau ketentuan

Sahabatku yang saya hormati dan saya banggakan itulah bagian-bagian dari rukun islam dan rukun iman yang dapat kami tuliskan pada artikel ini dengan secara singkat, mohon maaf dari segala kekurangannya, selengkapnya dapat anda kaji atau bertanya pada ustadz atau kyai terdekat yang ada di sekeliling, maka dari itu hendaklah perbanyak bersilaturrahmi kepada orang alim yang faham akan berbagai kajian agama, semoga apa yang dapat kami sampaikan diatas ada manfaatnya sekian dan terimakasih Wassalamu'alaikum Wr,Wb.